Tuesday, December 30, 2008

The Museum of Islamic Art - Qatar


Wuuuuiiiih spektakuler banget gedungnya.... bagus banget looooh .... keren... museum kali ini gak ada kesan seremnya.... keren banget arsitekturnya....... wooow langsung bola mata puter puter... kepala nengok sana sini.... gedhe dan mewah.....sungguh megah dan eksotik bagunannya , tanpa menghilangkan kesan kesederhanaan dan aura kesejarahan yang kental. Adapun yang mendapat mandat mengarsiteki museum ini adalah arsitek kenamaan dunia yang secara khusus merancang bangunan museum ini, bernama I.M Pei. Letak museum ini juga sangat strategis, yaitu sekitar 60 meter dari taman tepi pantai Corniche...Museum di Qatar ini telah tercatat sebagai museum Islam terbesar di dunia, yangdidirikan pada tahun 2005 dan secara khusus diproyeksikan untuk menghimpun dan menyimpan pelbagai macam peninggalan peradaban Islam, dari setiap masa sepanjang kurun 14 abad, dan dari seluruh penjuru dunia.Museum ini menyediakan layanan perpustakaan digital dengan fasilitas teknologi mutakhir.

Museum ini mengoleksi ribuan mozaik peradaban Islam dari ti
ga benua yaitu Asia, Afrika, dan Eropa, dan dari pelbagai dinasti dan generasi, selain itu dipamerkan
juga beberapa benda bersejarah non-Muslim, seperti dari Eropa, Turki, dan Persia, yang memiliki hubungan erat dengan dunia Islam, seperti lukisan "Maria" karya Gentile da Febriano, pelukis kenamaan Fenesia yang hidup pada awal abad ke-15. Dalam lukisannya, Febriano menuliskan kalimat "La Ilaha Illallah" dengan huruf Arab-Khufi.
Subhanallah ..... tanpa ridhoMu semuanya tidak akan terwujud sepertimu...... Alhamdullilah..... betapa indahnya mata ini melihat bangunan itu berdiri dan isinya

1 comment:

Isti said...

wah..tante andrie udah main ke museum ya..kemarin isti belum sempat lo..