Monday, December 1, 2008

Ciptakan Kebahagiaan Hidup ini sobat.....

Diawal tahun 2009 ini, aku selalu berharap akan datangnya kebahagiaan, kebahagian hidup yang menyertai kita dalam kehidupan ini. Ini ada sedikit artikel yang membantu kita untuk mencapai kebahagiaan itu... sederhana.... tapi kadang terabaikan..... Semoga kita bisa mencapainya dan menjalankannya....... Insya Allah.
Kebahagiaan hidup ternyata bisa di ciptakan dalam diri sendiri tanpa harus dicari. Untuk mencapai kebahagiaan hidup, ada beberapa rahasia yang dapat kita gali dalam diri sendiri agar hubungan dengan orang-orang tersayang atau orang terdekat dengan kita merasa semakin mesra, bahagia dan kekal. Untuk itu kita harus ....

1. Mengolah Persahabatan
Teruslah menjaga persahabatan dengan teman lama atau mengumpulkan teman-teman baru di lingkungan kerja hingga tetangga . Sesungguhnya kedekatan dalam suatu hubungan adalah faktor yang paling berarti dalam menciptakan kebahagiaan.

2. Kembali ke Asal
Ada kenyamanan bahkan mungkin kebanggaan yang timbul ketika mengetahui sejarah nenek moyang kita. Mengetahui sejarah mereka tidak hanya mampu memberikan kenyamanan, tapi juga membantu untuk mengenal diri kita, darimana kita berasal, dan tempat yang paling nyaman untuk kita hidup.
Dengan menyelami identitas etnis dapat meningkatkan kebahagiaan hidup seseorang

3. Persahabatan Mengalahkan Materi
Kebahagiaan tidak tergantung dari banyaknya rumah, mobil mewah, sepatu, atau perhiasan yang dimiliki. Tapi lebih kepada banyaknya teman, kedekatan dengan para sahabat serta keluarga. Punya banyak teman, dekat dengan sahabat dan keluarga, menjalin hubungan baik dengan rekan kerja dan tetangga, mampu meningkatkan kebahagiaan seseorang

4.Katakanlah Pada Orang Lain Betapa Pentingnya Mereka
Suatu hubungan dibangun dengan landasan saling menghargai satu sama lain. Tidak ada cara lain yang lebih tepat untuk menunjukkan penghargaan kita pada orang lain, selain mengatakan betapa pedulinya kita terhadap mereka.

5. Jangan Agresif
Meskipun berada di pihak yang benar, tidak ada untungnya memusuhi orang yang cintai. Ingatlah betapa pentingnya arti mereka bagi kita dan pasti jauh lebih penting daripada masalah yang diperdebatkan. Coba hadapi masalah dengan kepala lebih dingin dan beradaptasilah dengan cara mereka memandangnya.

6. Setiap Hubungan Selalu Berbeda
Apa yang membuat istri atau suami bahagia, belum tentu membuat ibu kita bahagia. Setiap hubungan antar individu memiliki keunikannya masing-masing. Temukan apa yang membuat orang yang kita cintai merasa bahagia.
Mampu menciptakan kebahagiaan, jika tidak memaksa dirinya dan orang lain untuk membangun sebuah hubungan yang ideal

7. Jadilah Sukarelawan
Banyak komunitas di sekitar kita yang membutuhkan bantuan.

8. Milikilah Minat yang Sama dengan Pasangan
Kesamaan minat dapat membuat suasana diantara pasangan, keluarga atau sahabat menjadi lebih menyenangkan. Hasilnya, hubungan akan menjadi lebih erat, bergairah dan “dalam”.

9. Ungkapkan diri dan berbagilah dengan Orang Lain
Jangan sembunyikan perasaan, pemikiran, dan harapan yang ada di dalam hati. Coba ungkapkan kepada anggota keluarga atau sahabat. Orang yang lebih banyak memendam perasaan biasanya tidak mudah bahagia dan lebih cepat tua!

10. Dekat dengan Keluarga
Meski keluarga tidak kompak atau tidak bisa bersikap luwes , coba dekatkan diri dengan keluarga. Sekali seminggu ajak mereka keluar makan-makan atau sekali setahun liburan ke luar kota. Kedekatan dengan keluarga menjadi komponen yang sangat penting untuk meningkatkan kepuasan hidup seseorang.

11.Luangkan Waktu
Sesibuk apapun, sisihkan waktu untuk orang-orang yang dicintai. Misalnya dengan menyempatkan diri ke kamar anak-anak dan menanyakan hal-hal mulai yang penting sampai yang tidak penting, sehingga mereka selalu merasa dekat dengan kita. Suka menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dicintai, mampu membuat lebih bahagia.

12.Jangan Pura-pura Tidak Peduli
Ungkapkan ketidaksenangan dengan kritik yang membangun dan nada yang penuh cinta. Hindari perdebatan dan sikap mau menang sendiri. Biar sudah hidup bertahun-tahun dengan pasangan, belum tentu mereka tahu kalau ada beberapa sikap mereka yang membuat kurang nyaman.

13. Bergabung dengan Komunitas
Biasanya antar anggota kelompok atau komunitas dapat membangun hubungan personal yang lebih positif. Akhirnya, mereka merasa nyaman satu sama lain, jauh dari kesepian dan mampu mengendalikan diri dalam berbagai keadaan.

14. Bantuan Sederhana
Bantuan sederhana atau minor assistance terbukti membuat orang yang melakukannya menjadi lebih bahagia. Misalnya dengan menahan pintu agar orang yang masuk setelah kita tidak perlu membukanya kembali.

15. Jangan Kritik Keluarga, Teman atau Anak Buah Secara Berlebihan
Tajamnya kritik dapat melukai hati seseorang dengan sangat dalam. Jadi, bila mau mengkritik, ungkapkan dengan kata-kata yang merefleksikan cinta dan hormat bukan hanya kekecewaan semata.
Kekerasan dan permusuhan akan menurunkan kebahagiaan dalam suatu hubungan

16.Kunjungi atau Undang Tetangga
Tetangga tidak hanya orang yang potensial untuk menjadi sahabat. Mereka juga bisa membuat kita lebih nyaman di rumah, tempat dimana kita menghabiskan sebagian besar waktu yang kita miliki.

Mudah-mudahan dengan point-point diatas, kebahagiaan hidup kita akan selalu menyertai perjalanan hidup yang akan kita lalui. Semoga Ya Allah. Yoook mulai saat ini kita coba terapkan.

thx infonya Helena Nugroho Spi

No comments: