Thursday, December 4, 2008

Kaftan....... oh Kaftan.....

Ini yang bisa membuat para wanita yang berbusana muslim tampil beda.
Busana kaftan gaya Timur Tengah, kini mulai disukai. Mengenakan busana panjang dan longgar ini akan memberikan kesan mewah dan elegant. Ciri khas dari busana ini adalah dengan memberikan sentuhan payet, bordir ataupun sulaman. Jika dikombinasikan dengan busana bernuansa india maka penampilan akan terlihat mewah, elegan dan glamour. Hadirnya payet-payet disesuaikan dengan bentuk tubuh, sehingga ciri khas dari busana ini yang memiliki lengan panjang tetap dipertahankan.
Ada beberapa pilihan kombinasi yang bisa dikenakan. Yang pertama adalah busana one piece panjang dan mengembang pada bagian bawah. Kedua adalah busana kebaya panjang yang dipadu dengan celana panjang dengan warna yang senada. Bentuk leher ada yang memiliki belahan pada bagian depan dan belakang. Bentuk lehernya pun sangat bervariasi seperti modifikasi leher kebaya, krah shanghai atau berbentuk segi empat.
Sebagai pemanis penampilan, bisa kenakan kerudung dari tule yang berkualitas berhiaskan batu-batuan swaroski berbentuk bunga agar terlihat indah dan mewah. Atau dengan menambahkan kerudung dengan payet tapi sebaiknya jangan terlalu berlebihan. Kaftan pun ada yang terancang dari bahan kaos dengan fisiknya yang khas. Panjang, longgar, dengan jahitan bawah lengan yang menyatu dengan bagian tubuh. Jiwa etnik melebur karena kaftan memang tidak bisa dipisahkan dari Persia yang biasa disebut-sebut sebagai negeri asalnya. Di Persia, dulu kaftan biasa dikenakan oleh kaum pria. Berwujud terusan panjang longgar dengan deretan kancing di bagian depan. Sumber lain juga berpendapat bahwa kaftan merupakan bentuk modern dari abaya—overgarment yang biasa dikenakan perempuan Arab. Kaftan dengan bahan kaos lebih nyaman dipakai pada musim dingin, karena ini membuat hangat. Bisa dikombinasi dengan tutup kepala model rasta, tanpa meninggalkan kesan muslimahnya. Tampak chic dalam penampilan. Terkesan lebih casual. Dalam busana muslim, kaftan juga menarik untuk dimodifikasi di bagian lehernya dibuat kerah Nehru, berusaha untuk merekayasa sedikit padu padannya, sebuah petualangan baru gaya akan kita nikmati. Mau coba dengan berKaftan.... Monggo.........

sumber: berbagai artikel perempuan, thx p2t,up2dt

1 comment:

tyasjetra said...

itu yang item putih keren bener, Ndri...
hihi, bisa dicontoh modelnya tuh...