Sunday, December 7, 2008

Busana yang beragam jenis Bahannya......

Ini yang banyak permasalahan dan gak pernah terpikirkan. Saat kita membeli busana, sudah pasti akan mencari model, warna ataupun motif sesuai keinginan. Tetapi terkadang busana yang kita beli, jarang dikenakan karena bahannya tidak membuat nyaman. Memang bahan katun, viscose atau sutera akan terasa lebih nyaman dikenakan daripada wool, kulit atau sintesis. Jadi agar tidak salah pilih sebaiknya kenali beberapa jenis kain yang nyaman dikenakan dan cara perawatannya, simak berikut ini.
Busana dari bahan sutera biasanya terbuat dari serat alami yang sangat lembut, ringan dan kuat sehingga tidak mudah kusut. Untuk merawat dan menjaga kualitas kain sebaiknya lakukan pencucian dengan tehnik dry clean.
Bahan katun sangat sesuai dikenakan untuk daerah tropis karena terasa dingin dan mampu menyerap keringat. Ada jenis katun yang kaku sehingga akan mudah rusak bila direndam lebih dari dua jam. Bila busana yang terbuat dari bahan ini terkena noda makanan atau minyak maka bisa mudah hilang dicuci dengan deterjen. Busana yang terbuat dari katun memang rentan terhadap jamur, jadi sebaiknya simpan dalam keadaan kering dan tidak terkena keringat terlalu lama.
Untuk
busana yang terbuat dari bahan polyster, biasanya tidak menyerap keringat dan terasa panas saat dikenakan. Bagi yang memiliki kulit sensitif sebaiknya jangan menggunakan bahan pure polyster karena akan memperparah kondisi kulit. Busana yang terbuat dari bahan ini bila terkena noda minyak dan makanan maka akan sulit dihilangkan. Jadi harus berhati-hati saat mengenakan busana yang terbuat dari bahan ini.
Sedangkan busana yang terbuat dari bahan linen, biasanya dikenakan untuk busana resmi dan sangat nyaman tetapi mudah kusut. Bahan ini sangat mudah menyerap air dan udara sehingga akan cenderung memutih jika terlalu sering dikenakan. Jadi sebaiknya hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung karena akan memudarkan warnanya. Semoga bermanfaat untuk semuanya.......

sumber: artikel tips, thx p2t

No comments: