Thursday, February 26, 2009

Usia Paruh Baya penampilan tetap mempesona..

Ketika usiakuwh berjalan.... dan memasuki usia senja.... Life begins at 40, begitu kata pepatah asing. Banyak makna yang tersirat didalamnya. Bisa jadi ada benarnya, karena di usia ini, bakal lebih banyak memperhatikan segala aspek kehidupan, tak terkecuali kecantikan.Tentu menakjubkan melihat seorang yang memasuki usia 40 tahun banyak perubahan yang terjadi pada wajah dan tubuh. Terutama kulit yang semakin menua. Banyak wanita merasa sudah tidak menarik lagi ketika umurnya bertambah. Ini juga dipengaruhi oleh hormon estrogen yang semakin berkurang. Padahal hormon ini berpengaruh besar untuk memperlambat penuaan kulit. Berkurangnya hormon estrogen menjadikan produksi kolagen dan elastisitas kulit juga menurun. Kulit juga lebih cepat dehidrasi (kehilangan kelembaban) sehingga lebih mudah kering dan melambatnya pergantian sel-sel kulit.
Berikut ada 10 tips perawatan yang penting untuk diperhatikan agar kulit anda tetap indah meski usia tak lagi muda.
1. Gunakan Tabir Surya
Jangan keluar rumah tanpa lotion khusus untuk menangkal radiasi sinar matahari. Kulit sangat rentan pada UV A dan UV B yang dihasilkan oleh mentari siang hari. Dengan mempergunakan tabir surya yang menggunakan SPF (minimal SPF 15) dan UV A serta UV B protection kulit akan tetap terlindungi terutama dari dehidrasi dan bintik hitam (sun spot).

2. Hindari Stres
Banyak penelitian yang membuktikan bahwa stres bisa berpengaruh pada kecantikan dan kesehatan kulit. Stres bisa membuat kulit kehilangan elastisitas, kehilangan kelembaban dan aliran darah menjadi tidak lancar sehingga regenerasi kulit bisa terhenti.

3. Hindari Rokok
Asap rokok, banyak atau sedikit, dapat mengganggu jalannya sirkulasi darah dan membuat wajah anda lebih cepat keriput, terutama di sekitar mulut. Perhatikan saat menghisap rokok. Kerutan yang ditimbulkan bakal semakin nyata karena berkurangnya elastisitas kulit. Bila memang perokok berat dan belum bisa berhenti, banyaklah memakan buah-buahan dan sayur yang mengandung antioksidan. Suplemen vitamin juga diperlukan, terutama syplemen yang bisa merangsang produksi kolagen.

4. Hindari Diet Keras
Jika bertubuh gemuk dan menginginkan diet, hindari diet keras yang langsung menurunkan berat badan secara drastis. Ingatlah bahwa kulit tidaklah sekencang dulu. Dengan diet keras, kulit bisa menjadi kendur dan dapat menimbulkan strecth mark parah.

5. PH Balance
Untuk perawatan kulit, gunakan produk yang mempunyai label PH Balance dan sesuai umur . PH Balance dapat ditemukan pada susu pembersih wajah dan pelembab serta krim anti aging (biasanya untuk krim malam). Gunakan pelembab dua kali sehari agar kulit tetap terjaga dari kekeringan.

6. Clinical Facial
Lakukan peeling untuk meluruhkan sel-sel kulit mati, lebih baik jika peeling atau krim berasal dari dokter kecantikan yang mengerti masalah kulit. Perawatan dengan peeling dapat mengendalikan kerut, garis-garis halus pada kulit serta mengurangi flek-flek hitam.

7. Produk Tepat
Bila peeling atau krim tidak berasal dari dokter kecantikan, agak sulit untuk memilih produk yang dijual bebas. Kita bisa mencoba produk perawatan yang mengandung bahan gabungan seperti asam glikolat, asam laktat dan retinyl palmitate. Ketiga bahan ini bekerja aktif merawat kekencangan dan elastisitas kulit.

8. Pijat Wajah
Perawatan ini hampir sama dengan facial. Namun pijat wajah lebih berkosentarsi untuk memperlancar peredarah darah sehingga produksi kolagen meningkat.otomatis elastisitas kulit juga meningkat.

9. Senam Muka
Lakukan pengencangan otot muka secara rutin, terutama di pagi hari. Caranya, ucapkan huruf vokal A I U E O sebanyak 50 kali. Lakukan secara biasa tanpa harus menarik mulut secara berlebihan.

10. Masker
Masker yang dimaksud bukannya masker yang biasa dipakai oleh para dokter di ruang operasi, namun masker kecantikan. Oleskan masker wajah dan mata secara rutin, minimal 3 kali seminggu. Kedua jenis masker ini banyak beredar di pasaran. Jangan lupa untuk memperhatikan bahan yang dikandung masker-masker tersebut.Bila rutin dilakukan, kecantikan kita siap bersaing dengan para wanita yang masih mudaAyooo segeralah menyikapi wajah kusam yang kurang diutak atikkk... biar wajah tampak selalu muda paling gak fresh lah.... yach khan....



No comments: