Thursday, November 6, 2008

Mahkota Yang Sehat dibalik Kerudung......



Ini ada Tips yang harus diperhatikan .... yoook kita simak baik baik siapa tahu banyak banget manfaatnya ......

Bagi yang mengenakan kerudung, sebaiknya jangan mengabaikan kesehatan rambut. Karena mengenakan kerudung di saat cuaca panas atau dingin bisa mengakibatkan gangguan pada kulit kepala, bahkan rambut menjadi rontok.

Mungkin kita berpikir bahwa rambut tertutup oleh jilbab sehingga tidak memerlukan perawatan lebih. Karena rambut tertutup oleh kerudung sehingga rambut tetap bersih, terhindar dari debu dan kotoran. Tapi sebenarnya anggapan tersebut salah, karena kotoran atau bakteri akan tetap selalu ada. Jadi kelembaban bagian kulit kepala juga harus anda jaga.

Untuk itu kita harus mengambil langkah dengan mencuci rambut setiap hari agar tetap terjaga kebersihannya. Gunakan shampo yang lembut agar tidak membuat rambut jadi kering. Keringat yang menempel pada kulit kepala dapat menimbulkan masalah yaitu ketombe. Bila ingin menggunakan conditioner sebaiknya jangan lakukan setiap hari karena akan membuat rambut anda lemas dan berminyak.

Keringkanlah rambut sebelum mengenakan kerudung, karena bila dalam keadaan setengah kering dapat menimbulkan bau yang kurang sedap. Hal ini disebabkan kondisi rambut dalam keadaan lembab. Bila berkeringat sebaiknya keringkan dengan cara dianginkan agar rambut tetap sehat. Jadi hindari mengenakan kerudung pada saat rambut masih basah.

Perawatan lainnya yang harus dilakukan adalah pemijatan pada rambut untuk memperlancar peredaran darah pada kulit kepala. Saat melakukan pemijatan, cobalah gunakan tonik rambut agar anda mendapatkan dua manfaat sekaligus, yaitu melancarkan peredaran darah di kulit kepala dan memberi nutrisi pada akar rambut sehingga lebih sehat serta merangsang pertumbuhannya.

Pilihlah kerudung yang terbuat dari bahan alami dan berpori-pori atau tipis agar rambut terhindar dari gangguan. Dengan mengenakan kerudung yang tepat maka akan terjadi sirkulasi udara pada kepala dan keringat pun akan terserap. Sebelum menggunakan kerudung sebaiknya kenakan topi kening atau ciput agar tidak langsung menempel pada dahi sehingga terhindar dari jerawat di seputar kening.

Apabila rambut memiliki poni sebaiknya sisir ke belakang dan jepitlah sebelum mengenakan kerudung yang rapat, agar tidak ada jerawat di seputar dahi. Coba lakukan langkah diatas agar kesehatan rambut tetap terjaga.

Banyak kasak kusuk diantara wanita berjilbab, rata-rata keluhan utama berjilbab adalah kondisi kulit kepala yang lembap. Akibatnya, rambut jadi rentan terserang ketombe dan kerontokan. Lakukan perawatan agar rambut berjilbab tetap sehat.

* Lepek dan Berminyak
Saat berkeringat, air peluh dan minyak akan cenderung "mengumpul" karena rambut tertutup jilbab dan tak terkena udara bebas. Akibatnya, rambut cepat lepek dan berminyak.

Perawatan :
Gunakan sampo lembut (mild) yang aman dipakai setiap hari dan berfungsi menambah volume rambut. Setelah keramas, bilas dengan air suam-suam kuku. Setelah keramas, jangan langsung menyisir rambut. Keringkan dengan handuk dan tunggu 15 menit, baru sisir rambut.

* Ketombe
Kondisi rambut yang lembab dapat menjadi "sarang" ketombe, baik ketombe kering maupun basah. Akibatnya, kulit kepala gatal-gatal bahkan menyebabkan kerontokan rambut.

Perawatan :
Jika ketombe tergolong ringan, gunakan sampo lembut mild dan air hangat untuk keramas. Saat keramas, cuci rambut hingga bersih dan pastikan tidak ada sisa-sisa sampo di rambut. Sisa-sisa sampo bisa memicu munculnya ketombe. Jika kondisi ketombe berat, segera konsultasi ke dermatologis atau dokter kulit.

*Rontok
Rambut yang tertutup jilbab cenderung lembap sehingga menyuburkan ketombe penyebab kerontokan rambut.

Perawatan :
Gunakan sisir bergigi jarang dan sisir rambut dengan hati-hati. Untuk sementara waktu hindari pengecatan rambut, pijat kepala, pemakaian roller, dan pengering rambut karena akan memperburuk kondisi rambut.

Perlakukan rambut dan kulit kepala dengan lembut. Jika kerontokan rambut masih ringan, bisa menggunakan hair tonic. Kalau termasuk berat, segera konsultasi ke dokter kulit.

Gapang kok merawat rambut sehat tiap hari :
Punya rambut sehat, kuat dan indah tentu jadi dambaan setiap wanita. Tak heran, kita pun kadang rela mengorbankan waktu berjam-jam di salon, menjalani beragam perawatan dan menguras isi kantong.

Padahal, selama rambut tak bermasalah, kita hanya perlu membiasakan hal-hal yang mungkin terlihat "sepele" ini menjadi rutinitas. Jadi, tak perlu banyak berkorban bukan?

1. Kurangi penggunaan hair dryer untuk mengeringkan rambut yang basah. Kalaupun terpaksa digunakan, atur suhu pada temperatur terendah saat dijalankan. Walau sedikit lebih lama, dijamin rambut akan lebih berkilau, mudah diatur dan terhindar dari kekeringan dan pecah-pecah.

2. Hindari menyisir rambut dalam keadaan basah. Keringkan terlebih dulu, sebab akar dan batang rambut yang lembab umumnya sangat rapuh.

3. Jangan gunakan air panas saat mencuci atau membilas. Panas menyebabkan batang rambut menjadi kusam dan tak bercahaya.

4. Perhatikan shampoo yang pakai. Pilihlah yang berformula PH balance yang sesuai untuk jenis kulit kepala dan rambut . Jangan korbankan mahkota Anda dengan terlalu sering menggonta-ganti merek shampoo.

5. Abaikan mitos tentang menyisir rambut seratus kali setiap hari. Ini justru akan mengakibatkan rambut jadi mudah patah.

6. Segera cuci rambut setiap kali sehabis berenang, agar terbebas dari sisa chlorine yang mungkin masih menempel.

7. Kurangi pemakaian mousse atau gel rambut ber-alcohol agar rambut terhindar dari kekeringan. Jika terpaksa, segeralah cuci dengan shampoo clarifying (berformula penjernih) yang mampu membersihkan sekaligus mengangkat sisa hair spray atau gel di rambut.

8. Ingatlah, mengkonsumsi makanan bergizi dan menjalankan diet dengan teratur punya andil dalam menjaga kesehatan dan kesuburan rambut.

Pertolongan Darurat "Kecelakaan" Rambut
* Rambut berminyak tapi tak punya waktu untuk mencuci?
Taburkan bedak bayi ke seluruh permukaan rambut. Bersihkan dan sisir kembali seperti biasa. Cara ini sangat tepat untuk rambut yang berwarna kekuningan atau pirang.

* Rambut terlalu lemas dan lepek sehabis keramas.
Inilah kendala memiliki rambut panjang. Semakin panjang, biasanya akan terlihat semakin lepek. Tapi jangan khawatir, tiap kali sehabis keramas dan mengeringkannya dengan handuk, jangan lupa membuat kuncir kuda yang agak tinggi. Bila mungkin tepat di atas kepala. Kemudian, keringkan seluruh permukaan kulit kepala dengan hair dryer bersuhu dingin (bukan pada kuncir-nya). Setelah kering, buka kuncir dan rambut kini lebih mengembang dan bervolume!

* Rambut kusam akibat terpaan matahari atau hair dryer.
Setiap kali sehabis keramas, akhiri dengan bilasan 1 sendok teh madu yang dilarutkan bersama perasan jeruk ke dalam 4 gelas air hangat. Lakukan pijat ringan sejenak dan biarkan rambut mengering alami.

OK.... ini tips akuwh ambil dari beberapa sumber tentang kewanitaan.... mudah mudahan sangat berguna buat semuanya...... Biar kita selalu tetap cantik dan bersih.





Sumber : berbagai media

2 comments:

Asih Najib Evan said...

emang bener ya..kita yang pake kerudung kadang jadi lupa menjaga keindahan sang mahkota...padahal kalau misua lihat rambut kita indah pasti seneng tuch...

budhe said...

wah.... iya nich.. sangat informatif...makasih ya tipsnya.Seep O.K banget...