Tuesday, November 11, 2008

Jilbab...... Memakai dan merawatnya



Yooook kita berJilbab..... cantikkk loooh.....!

AWALNYA banyak kaum hawa menggunakan jilbab karena tuntutan ajaran agama yang mengharuskan perempuan untuk menutup auratnya. Tapi belakangan penggunaan jilbab tidak hanya sekedar untuk menutupi aurat aja, tapi juga untuk fashion.
Meskipun dulunya wanita berjilbab terkesan tidak modis dan kurang fashionable, sekarang justru sebaliknya. Jilbab ternyata tidak membatasi wanita untuk tampil modis. Bahkan jika diperhatikan saat ini jilbab menjadi bagian aksesori dan menambah daya tarik bagi orang yang melihatnya. Tak jarang wanita yang memakai jilbab tampak lebih cantik dan anggun dibandingkan sebelum menggunakannya. Tidak mengherankan juga, jika diperhatikan banyak wanita muslim saat ini memilih gaya busana yang satu ini. Menggunakan jilbab bukan berarti tidak bisa tampil modis. Justru menurutnya dengan jilbab wanita tampak lebih rapi. ‘’Modis apa nggaknya, tergantung wanitanya juga, kalau dasarnya suka fashion, nggak pakai jilbabpun juga tidak modis, demikian juga bagi yang menggunakan jilbab, tapi sesederhanapun penggunaan jilbab, tetap wanita yang menggunakan jilbab tampak lebih rapi dibandingkan yang tidak menggunakan jilbab.
Jilbab membuat penampilan wanita tampak lebih anggun. Apalagi jika menggunakan jilbab menyesuaikan dengan trend busana muslim dan model jilbab yang lagi trend. Busana muslim, terutama jilbab juga ada model yang saat itu sedang trend, tapi bukan berarti jilbab yang sebelumnya tidak modis lagi, tergantung masing-masing orang ingin menggunakan model jilbab yang disukai, karena meskipun ada trend yang baru jilbab sebelumnya juga tetap menarik untuk dikenakan. Karena hal yang mendasar agar wanita tampak modis dengan busana muslim yang dikenakannya, penggunaan jilbab harus sesuaikan dengan warna baju, serta bentuk muka, dan situasi.
Karena menurutnya saat ini wanita berjilbab ruang lingkupnya semakin luas, diantaranya wanita yang bekerja. Bagi wanita yang bekerja tentunya busana yang dikenakan harus pintar menyesuaikan dengan kondisi kerja juga, Kalau tidak disesuaikan jilbab yang dikenakan juga kurang menarik.

Mengapa kita berJilbab
Tata cara berpakaian dalam Islam secara umum tentunya harus memenuhi nilai kesopanan, mengenakan jilbab bagi muslimah adalah wajib dan merupakan ibadah kepada Allah SWT, ada beberapa hukum dalam berpakaian bagi kaum muslimah yaitu; pakaian haruslah menutupi aurat yaitu seluruh tubuh kecuali muka serta telapak tangan. Muslimah juga dilarang untuk memperlihatkan bentuk tubuh, tidak mengenakan pakaian yang tipis atau tembus pandang yang tentukan menjadi perhatian atau mencoba menarik perhatian yang bukan mukhrimnya. Muslimah juga tidak mengenakan pakaian atau busana yang menyerupai pakaian laki-laki.
Apa saja yang didapati bila Berjilbab??
Dengan mengenakan jilbab identitas muslimah akan sangat jelas, perlakuan baik dan sopan akan muslimah dapatkan, mengapa demikian? Karena dengan berjilbab secara tak sadar muslimah telah mensyi’arkan islam. Muslim disekitar kita bisa tersadar dengan apa yang mereka lihat, tindakan dan pikiran negatif atau bahkan tindak kriminal bisa dicegah lebih dini.
Pastinya Berjilbab itu….Cantik!
Kecantikan bukan hanya karena olesan make up, tetapi kecantikan yang sejati adalah dari hati yang bersih dan fikiran positif dalam memandang dan menilai segala sesuatu, tidak berburuk sangka, tidak iri, tidak dengki, dan tidak dendam hanya akan mengotori hati kita. “The power of positif thinking” maka disanalah kecantikan alami akan terpancar, istilah kerennya INNER BEAUTY. Muslimah hendaknya berusaha terus istiqomah dan menjaga perilaku dan tindakan untuk selalu dapat berlaku positif dalam hidup.
Jadi sebenarnya banyak keuntungan didapat bila mengenakan jilbab. Jadi, lengkapi ibadah kepada Allah SWT dengan mengikuti kewajibannya. InsyaAllah selalu diberikan hati yang ikhlas dan tulus dalam mengerjakan segala kebajikan. Amien.

Memilih Jilbab yang tepat
Pilih bahan Jilbab yang ringan,nyaman,adem dan praktis.
Pilih model jilbab sesuai dengan bentuk wajah dan acara yang hendak kita hadiri.Agar kita tidak salah kostum.
Model jilbab serta warna harus disesuaikan dengan busana yang kita pakai untuk memberi kesan elegan dan cantik.
Gunakan dalaman jilbab,seperti ciput,bando,atau bandana agar rambut tidak mudah keluar sehingga anak-anak rambut pun rapi tersembunyi.Apabila rambut berponi gunakan jepit ke belakang agar tidak menimbulkan jerawat didahi.
Berwarna serasi dengan dalaman jilbab,kadang jilbab atau bergo yang kita gunakan tidak cukup tebal sehingga dalaman jilbab cukup membayang.Untuk menyiasati pilih warna yang serasi dengan jilbab luar atau pilih warna hitam,putih atau warna kulit yang akan cocok dipadu-padan dengan jilbab aneka warna.
Gunakan aksesoris jilbab seperti bros atau lainnya agar terlihat lebih cantik.
Hindari model jilbab yang rumit dan banyak aksesoris untuk pemakaian sehari-hari.Agar kita dapat melakukan aktifitas kita lebih leluasa.

Merawat Jilbab ....
Untuk semua jenis jilbab jangan pernah mencuci-nya dengan mesin cuci.Karena akan merusak dacron atau busa di kepala untuk jilbab yang bermodel bergo dan merusak bahan jilbab untuk jenis bahan sutra atau katun .Cukup digosok-gosok saja dengan tangan dan tidak perlu disikat..
Untuk jilbab yang berbahan sutra jangan pernah mencucinya dengan detergen atau sabun cuci,gunakanlah shampo. Caranya dengan mencelupkan jilbab pada air yang telah diberi shampo. Biarkan sesaat dan tidak perlu diperas pada saat menjemurnya.
Apapun bahan dari jilbab tersebut, jangan lupa untuk menjemur dengan posisi bagian dalamnya yang diluar dan jemur di tempat yang teduh, hindari menjemur di bawah terik matahari langsung. Agar warna jilbab tidak cepat memudar.
Pada saat menyetrika jilbab jangan pernah pula menyetrika dacron atau busanya untuk jilbab yang berbentuk bergo,karena akan merusak bentuk dacron dan jangan menggunakan setrika yang panas untuk berbagai jenis bahan jilbab.

Aduuuuh begitu akuwh mendapatkan sumber info diatas, terbesit lebih baik aku postingkan aja ... buat pengetahuan bagi para muslimah..... makasih banget jilbab cantik semoga semuanya ini bisa ngebantu kita betapa cantiknya kita berjilbab.....






1 comment:

infogue said...

Artikel anda:

http://fashion.infogue.com/
http://fashion.infogue.com/jilbab_memakai_dan_merawatnya

promosikan artikel anda di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur info cinema untuk para netter Indonesia. Salam!