Sunday, November 23, 2008

Karpet..... Cara merawatnya....


Perlukah kita Karpet..... duuuh musim dingin tiba... kaki terasa ngilu juga tanpa ada alas yang hangat... solusinya langsung nengokin Karpet..... Ini alternatif membuat sedikit kehangatan pada kaki.... biar kukukakiku gak kakukaku..... karena ademnya lantai dimusim dingin... Nyes... n clengggg rasanya kalo dah dingin gak bisa diajak kompromi. Belakangan ini Karpet, tak lagi hanya sebagai alas duduk semata, ataupun alas kaki yang kedinginan aja, namun merupakan salah satu ornamen keindahan ruangan dirumah kita. Dengan keanekaragaman warna dan motif yang menarik, menjadikan karpet makin dilirik sebagai penunjang keindahan interior rumah kita. Dengan ukurannya yang bermacam-macam, memudahkan anda memilih karpet berdasarkan warna maupun coraknya.
Berdasarkan proses pembuatannya, karpet terdiri dua jenis yaitu: dibuat dengan tangan dan mesin. Karpet yang dibuat dengan tangan biasanya lebih tahan lama dibanding karpet yang terbuat dari mesin. Karpet juga memerlukan perawatan agar warnanya tetap indah dan awet digunakan. musuh dari karper itu pasti Mr. Debu, ini yang harus dibersihkan dari karpet, karena debu ini mudah menempel di permukaan karpet. Kalau males atau nggak dibersihkan secara rutin, maka karpet akan menjadi sarang debu dan bakal mengganggu kesehatan. Sebenarnya tidak hanya debu, ketika makan atau minum di atas karpet pun perlu hati-hati. Jangan sampai tumpah ke atas karpet, karena bakal repot membersihkan karpet dari noda tersebut.
Untuk membersihkan karpet yang terkena tumpahan makanan atau minuman, dibutuhkan sabun cuci/deterjen, baskom, kain lap dan tisu.
Tips membersihkan karpet dari noda makanan atau minuman.
- Jika terlanjur terkena noda makanan atau minuman, segera bersihkan karpet dengan tisu atau kain lap untuk meresapkan cairan dan membersihkan sisa makanan
- Siapkan air yang sudah dicampur dengan sedikit deterjen, basahi kain lap dengan air deterjen dan usapkan ke karpet yang terkena noda tersebut.
- Jangan gunakan sikat untuk menghilangkan noda tersebut, karena jika disikat, bulu-bulu pada karpet bisa rusak
- Saat membersihkan noda, usap berulang kali searah atau berlawanan arah bulu karpet. Setelah dirasa cukup bersih, jemur karpet di bawah sinar matahari maksimal satu jam.
Karpet tak cukup dengan hanya membersihkannya dari noda makanan atau minuman, karpet juga perlu dirawat dan dibersihkan setiap hari. Perawatan hariannya mudah dan ini bisa dilakukan sendiri.
- Untuk karpet yang terbuat dari bahan wol, baik asli maupun sintetis, gunakan saja sapu lidi untuk membersihkannya. Vacuum cleaner bisa digunakan satu sampai dua minggu sekali.
- Sementara untuk karpet yang terbuat dari sutra, bersihkan dengan vacuum cleaner seminggu 2 kali
- Gulung dan pindahkan karpet terlebih dahulu, jika hendak membersihkan/ mengepel lantai.
Kita bisa memasang kembali karpet setelah lantai benar-benar kering, karena karpet riskan terhadap air/ lembab.
Karpet yang terlanjur terkena air dan nggak segera dijemur permukaannya akan mengeras.
- Karpet yang sering terinjak membutuhkan pencucian (laudry) minimal 2 kali setahun.
- Karpet yang terkena rokok, segera bawa ke toko karpet yang menyediakan servis cuci dan perbaikan karpet disana bisa dirajut lagi loh

Mumpung musim dingin dah diambang pintu... kita bongkar dulu karpet yang harus dipajang di ruangan keluarga... untuk mendapatkan kehangatan.... wooow romantis juga tuh si karpet...... Mantep booo...

sumber: artikel dari tabloid rumah

No comments: