Sunday, November 16, 2008

Es Duren Mang Aip Bandung.....


Oleh oleh cuti masih banyak niiiich..... Satu lagi cerita tentang acara kuliner di Bandung.
Ennng ing Eng..... taraaa. Berhubungan dengan Durennnnn.
Ini dia "Es Duren Mang Aip".
Jajanan es dicampur buah duren asli yang manis ini sekarang menjadi salah satu menu favorit bagi tamu luar kota yang datang ke Bandung. Namun bagi masyarakat Bandung terlebih para mahasiswa, Es Duren Mang Aip sudah nggak asing lagi, karena jajanan itu asli dari Bandung. Pemilik sekaligus pendiri Es Duren ini adalah Bpk Aip Saripudin (55) yang katanya telah membuka di beberapa lokasi, yaitu Jalan Tubagus Ismail 5 ( Ini pusatnya Duren Mang Aip - Ruko di belakang tempat kursus bahasa inggris), Pujasera Jalan Merdeka No 25-29 (BMC), satu lagi di Mal Mayasari Tasikmalaya dan di Jl Cikutra. Mang Aip bercerita, usaha ini dirintisnya tahun 1987 setelah sebelumnya membuka jajanan es campur di Jalan Tubagus Ismail. Saat itu sasaran segmennya adalah kalangan mahasiswa yang tinggal di kawasan Bandung Utara. Kini konsumen Es Duren Mang Aip menjadi salah satu favorit jajanan tamu dari luar kota.
Sebelumnya Mang Aip mencoba-coba jajanan es lain karena sempat jualan bajigur, es campur sejak tahun 80-an. Saat itu berpikir, persaingan dagang jajanan es campur akan ketat dan kini terbukti, katanya. Mang Aip kemudian mencari alternatif buah yang bisa dikombinasikan dengan es. Pilihannya jatuh pada buah duren hingga sekarang. Dulu satu porsi es duren miliknya Rp4.000 per porsi. Setelah berkembang dan mulai masuk ke pusat jajanan dan mal, harga satu porsi Rp12.000 (rasa original) namun tetap mempertahankan rasa asli buah duren. Mang Aip ingin konsumen merasakan buah duren asli, manisnya tidak ditambah-tambah. Makanya, setiap sajian es buatnya, selalu ada beberapa buah duren yang asli baru dikupas. Mang Aip bercerita, pertama buka gerai ini, dirinya tidak pernah mengambil untung dan hanya mengandalkan jajanan es campur. Kalau dulu, Es Duren hanya terjual rata-rata 15-25 butir duren per hari dan itu sudah bagus. Sekarang, setiap hari libur rata-rata 400 butir buah duren per hari. Kalau musim kemarau lebih baik dan bisa mencapai 2.500 butir terjual per hari.Menurut Mang Aip, jajanan es duren mungkin juga ada di Bandung namun kendala utama jajanan ini adalah pasokan buah duren yang tidak selalu ada. Sehingga Es Duren ini tetap ada sepanjang tahun, di musim kemarau dan musim hujan. Mang Aip sudah memiliki hubungan baik dengan petani duren dari Sumatra dan Jawa, pasokan untuk es duren miliknya selalu ada. Selama ini, pasokan duren dari petani Padang, Lampung, Bengkulu, dan Medan, jelasnya. Sedang dari Jawa mengandalkan duren Banyuwangi, Jepara, Wonosobo, dan yang paling baik duren dari Semarang.
Duren yang digunakan memiliki rasa yang manis dan permintaan pasokan tergantung kebutuhan. Biasanya kebutuhan dikirim 1 truk (2.300 butir) untuk sepekan dari daerah berbeda karena musim panen duren setiap daerah juga berbeda. wooow gigih juga si Mang Aip. Sebagai antisipasi rasa bosan es durian dari konsumen, Mang Aip membuat jenis Es Duren dengan berbagai rasa. Ada 9 macam rasa es duren, yakni es duren original (buah duren plus gula), es duren campur es krim rasa vanila, dan coklat. Dan lainnya, es duren sirup cocopandan dan melon, juga es duren cocopandan santan, dan melon santan termasuk es duren gula merah. Yang paling disenangi tentu es duren original. Tapi bisa juga mengombinasikan sesuai permintaan konsumen dengan buah alpokat, nangka, dan lainnya.Rahasia Es Duren Mang Aip tetap ada pada air gula yang digunakan. Rasa duren tetap bisa sama, hanya campuran air gula yang menjadian es duren lebih khas.

Siiip dan Mak nyesss ademnya, mak nyuss rasanya lohhhh.
Cobain yach kala main ke Bandung.... Catat di daftar Agenda ....Ok!



2 comments:

purwa said...

Pengen.... Es Duren....


purwagilardhie
http://jendelahati.net

tyasjetra said...

bikin ngiler ajaaaa.....
kalo udah ketemu duren bisa kalap aku makannya....

eh, tp inget.. kolesterol, kolesterol....