Thursday, November 20, 2008

Baju harus tetap terawat........

Baju Lama kita dah keliatan buluk..... Baju kesayangan kita gak terawat.... Kenapa mesti manyuuun. Ini ada tips yang aku temuin , lumayan buat nambah ilmu..... Simak yachhh.

Melakukan perawatan yang tepat untuk busana kita agar terlihat baru dan awet. Yang harus diperhatikan bukan hanya cara pencucian dan penyimpanan, tapi juga pilihan baju yang tepat serta sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup. Jangan pilih baju dari bahan sutra jika tidak termasuk orang yang telaten. Baju sutra kita cepat rusak karena cara perawatan yang seadanya atau sobek karena tersangkut di paku atau lain sebagainya. Kalau tertumpah sesuatu ke baju atau tak bisa halus dengan baju, jangan beli baju yang menuntut perawatan lebih. Bila tidak sesuai dengan kepribadian dan gaya hidup, itu sama aja dengan membuang uang ke tong sampah.
Bila baju terkena noda, jangan panik karena bisa melakukan tindakan yang salah. Kesalahan terbesar yang sering dilakukan orang saat baju ternoda adalah jadi panik. Tanpa pikir panjang lalu mengambil serbet kain, mencelupkan ke dalam air dan menggosokkannya ke noda sampai noda hilang. Hal ini justru dapat merusak kain dan melunturkan warna. Jangan pernah menggosok-gosok bagian yang terkena noda. Sebaiknya keringkan dengan diserap serbet putih. Perhatikan jenis nodanya, lalu tangani secara tepat dalam waktu 24 jam. Jangan menundanya sampai saat hari mencuci tiba. Periksalah kembali saku sebelum baju dicuci atau di dry clean.

Kalau menggunakan mesin cuci, setelah selesai, keluarkan dan kibar-kibas setiap baju sebelum masuk ke dalam pengeringan. Hal ini bisa mengurangi kekusutan baju ketika dikeringkan. Suhu udara yang panas bisa membuat noda melekat untuk selamanya. Jangan pernah mengeringkan baju di dalam mesin atau menyetrikannya sebelum semua noda dibersihkan.
Gantung baju pada hanger yang terbuat kayu atau plastik dan jangan pernah gunakan hanger yang terbuat dari kawat. Kalau baju terkena debu, bersihkan dengan menggunakan sikat yang bulu dari bahan alamiah. Jika membiarkannya dapat membuat baju usang sehingga merusak kain. Bersihkan almari anda paling sedikit 2 kali setahun, karena ngengat meletakkan telurnya di sudut-sudut lemari, terutama bagian atas. Pakai kamper untuk menyiasati binatang lemari yang gak permisi masuk didalamnya......

Ayo gak usah males untuk melakukan semua itu demi merawat baju kesayangan kita.........
sumber : artikel tips hot perempuan

1 comment:

Reni Dwi Astuti said...

Betul Mbak...kemarin saja aku teledor nyuci sarung suamiku yg dari sutra...ada tips kalo nyuci bahan dr sutra ada deterjen khusus atau sampoo jg bisa. Nah, berhubung nggak punya deterjen khusus, aku pakai sampo. Wkt itu aku rendam sebentar, tp kelupaan nggak aku cuci krn tergesa2 ke tempat kerja. Pulang sore harinya tahu2 suamiku sdh njemur tuh sarung sambil protes gitu deh sama keteledoranku... coraknya jadi rusak....hiks