Sunday, September 21, 2008

KeTuPat..

Hohohohoho..... Persiapan lebaran utak utik buat ketupat yoook, ini ada tips dari dapur sedap sekejap, perlu juga diinget.....
Membuat ketupat gampang-gampang sulit, lo. Kadang hasilnya bagus, dalam arti empuknya pas. Kadang empuknya sudah oke, warnanya cokelat hingga tidak menarik. Nah, agar ketupat hasilnya oke, mari simak tip berikut.

1. MEMILIH DAUN KELAPA Selongsong ketupat bisa beli yang siap pakai atau dibuat sendiri. Apa pun pilihan , pilih daun kelapa yang muda dan warnanya masih hijau muda segar, tidak ada bercak cokelat. Daun kelapa yang tua membuat kulit ketupat berwarna hijau dekil, bukan cokelat seperti biasanya.

2. KENCANGKAN SELONGSONG Sebelum dibuat, daun ketupat, harus ditarik anyamannya supaya rapat. Ketupat yang anyamannya tidak rapat, akan bergaris-gari cokelat hingga tidak menarik. Agar hasil ketupat lebih baik, kerat bagian ujung ketupat dengan peniti atau jarum lalu selipkan ujung yang menjuntai ke dalamnya. Dengan begitu tidak ada lubang yang mengintip.

3. BERAS HARUS BERSIH Sebelum diisi ke dalam selongsong ketupat, beras harus dicuci bersih-bersih dan ditiriskan. Masukkan beras ke dalam selongsong ketupat. Banyaknya beras antara 1/2 sampai 3/4 selongsong ketupat hingga kerasnya pas. Gabungkan setiap 5 - 8 buah ketupat jadi satu lalu ikat ujungnya.

4. MEREBUS KETUPAT Ketupat harus direbus dalam air panas yang mendidih. Jangan memasukkan ketupat ke dalam air dingin. Ketupat yang direbus seperti ini hasilnya akan berwarna cokelat, tidak putih. Nah, masukkan ketupat saat air sudah mendidih. Ingat, ketupat harus betul-betul terendam air. Jangan biarkan ada bagian ketupat yang menonjol di atas air.

5. MENAMBAHKAN AIR Ketupat harus direbus selama 5 jam supaya hasilnya padat dan tidak berbutir-butir. Karena selama direbus, ketupat harus terendam, maka harus rajin memeriksa air rebusannya. Bila air sudah mulai surut, tambahkan air mendidih ke dalamnya. Jangan pernah menambahkan air dingin! Lakukan pemeriksaan ini berkali-kali selama 5 jam perebusan itu.

6. PENYIMPANAN Ketupat yang sudah matang, sebaiknya digantung agar kering betul. dapat menggantungnya di gantungan serbet atau memasang kayu di antara dua buah kursi.

7. MENGHANGATKAN KETUPAT Biasanya ketupat dibuat sehari sebelum Lebaran dan disuguhkan di hari Lebaran. Nah, sebelum disajikan, sebaiknya ketupat dipanaskan lebih dahulu. Pemanasan ketupat dilakukan bukan dengan cara direbus, tetapi dikukus. Panaskan kukusan lalu masukkan ketupat dan kukus sampai ketupat terasa panas.

8. PENYAJIAN KETUPAT Ketupat biasanya disajikan dalam keadaan sudah terpotong-potong. Ketupat lebih bagus bila dipotong dalam keadaan dingin. Letakkan di mangkuk besar atau di piring oval. Bila waktu santap masih lama, tutup ketupat dengan plastic wrap agar tidak kering. Nah, selamat membuat ketupat! ··



No comments: