Tuesday, September 16, 2008

Malam Nuzulul Quran tiba........


Alhamdullilah..... telah sampailah kita pada malam ke 17 di bulan Ramadhan ini....
Malam NUZULUL QUR'AN.

Subhannallah.... suatu peringatan rasa syukur Al Qur'an diturunkan.
AL QUR'AN...

Mukizat Nabi Muhammad Sebagai rasul akhir zaman, Nabi Muhammad SAW diberi Mukjizat yang sifatnya khusus dan berbeda. Selain itu, Nabi Muhammad SAW juga dikarunia mukjizat seperti nabi lain yang bersifat fisik dan sesaat. Namun, hal itu hanya dapat disaksikan dan diuji oleh mereka yang hidup saat kejadian itu saja.

Mukjizat khusus yang diberikan Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW, haruslah mukjizat yang dapat disaksikan dan diuji sampai akhir zaman, baik bahasanya maupun isinya. Oleh karena itu, Allah Maha Mengetahui, memberi mukjizat berbentuk kitab yang tertulis untuk dapat diuji dan dikaji, baik bagi mereka yang percaya maupun mereka yang tidak percaya.

Al Qur'an adalah pusat kehidupan. Sesaat setelah seorang Muslim lahir, ayahnya membisikkan di telinganya kalimah syahadat dan takbir dalam azan atau iqamat. Seringkali, nama anaknya pun diambil dari Al Qur'an. Setelah mulai bisa bicara, si kecil yang masih terbata-bata itu umumnya telah mencoba menirukan kata amin atau ayat shalat yang tengah dibaca orang tuanya.

Kemudian, ketika menginjak usia 7 tahun, berkali-kali dalam sehari si Muslim kecil ini membaca surat Al Fatihah dalam shalatnya. Bacaan itu mungkin belum sempurna, tetapi telah dilaksanakan dengan penuh kesenangan dan kegembiraan. Banyak Muslim ketika masih berumur remaja mendambakan untuk khatam belajar membaca Al Qur'an. Saat hari bahagia pernikahan si Muslim, sebelum dan sesudah acara akad nikah dengan calon istrinya, penghulu juga membaca Al Qur'an.

Akhirnya, saat akan meninggal dunia dan setelahnya pun, Al Qur'an dibacakan untuk mendampingi dan mengantarkan serta memudahkan perjalanan akhir hidup si Muslim. Dengan demikian, tampaklah bagi si Muslim bahwa Al Qur'an adalah serat yang membentuk tenun kehidupannya, dan ayat-ayat Al Qur'an adalah benang yang menjadi rajutan jiwanya.
Sungguh luar biasa kalau kita mengamalkan Al Qur'an.

No comments: